Laman

Sabtu, 28 Mei 2011

IKAN KEMBAR SIAM


Umumnya ikan gak akan bertahan hidup jika terlahir kembar apalagi kembar siam. Namun kedua ikan Nile Tilapia ini berhasil membuktikan kalau mereka hidup dan bisa bertahan.
Adapun kedua ikan yang sudah berusia 8 bulan ini memiliki ukuran yang gak sama, yaitu yang besar melindungi si kecil yang berada di bawah / terbalik, di mana ikan yang kecil berfungsi sebagai pencari makan.


Sebenarnya, jenis ikan Nile Tilapia sendiri adalah ikan air tawar biasa yang bisa ditemui di sungai-sungai tropical, kanal, danau dan kolam.
Dan jenis ikan ini bisa mencapai panjang 2 kaki (60,96cm) dan berat hingga 9 pounds (4,082 kg).

Lalu gimana juga ya ikan kembar siam satu ini bisa sampai di akuarium di Bangkok?
Menurut dailymail.co.uk, kedua ikan tersebut berasal dari sungai-sungai yang membentang dari Afrika hingga Cape Horn, dan dimaksudkan untuk sebagai pemakan gangang yang tumbuh di sistim irigasi air bersih. Namun karena keunikan mereka itu, si ikan kembar siam itu malah berada di akuarium sebagai hewan peliharaan.

Di dunia binatang, hal ini bukan pertama kalinya diketemukan kejadian kembar siam.

Sebelumnya kembar siam juga pernah terjadi pada unggas, di bulan Juli, di Arkansas.

Menurut The Arkansas Game & Fish Commission, burung yang mereka temukan kemungkinan berasal dari sebuah telur ganda burung yolk.
Sedang kondisi kedua burung tersebut menyatu di bagian pinggul. Sayangnya, salah seekor burung mati.

Para ahli mengatakan kalau kembar siam pada burung merupakan hal yang sangat jarang terjadi - dipercaya hanya satu dari sejuta – karena biasanya mereka sudah mati sebelum ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar