Laman

Selasa, 26 Februari 2013

Tutorial Menggunakan Smart CVS 6



Tutorial Menggunakan Smart CVS 6
1.      Setelah berhasil menginstall aplikasi Smart CVS 6, Carilah Menu Project > Check Out…


2.      Akan muncul window Check Out Project. Pada Tab Repository, kita diharuskan untuk memilih Profile yang digunakan untuk mengakses CVS Server. Apabila kita belum memiliki sebuah Profile, kita bisa membuatnya dnegan mengklik Manage...


3.      Setelahnyaakanmunculnama Profile yang akankitagunakan. Karenakitatidakmemiliki Profile, makaklik Add di bagianKanan.


4.      Di Window Add Repository Profile, akanmuncul 3 step utama. Pada Step General Options, isikansesuaidenganketerangdibawah :
- Access Method : pserver
- User Name : dian
- Server Name : 192.168.16.6
- Repository Path : /usr/local/cvsroot
- Server Port : Default
Kemudian Next.


5.      Pada Step Configuration, kitaakandimintauntukmengisi Password Profile yang kitabuattadi. Password yang diisidisiniadalah password User tadi yang sesuaidengan yang tersetting di CVS Server.Setelahdiisi, kitabisamencentangpilihanStore Password on Disk yang manaakanmenyimpan password kitadanpilihanVerify Connection When Pressing Next yang akanotomatismemverifikasi user, password dan server ketika di klikNext


6.      Setelah di klikNext, kitaakanmasukke Step Name. Ada 2 pilihanjugadisini yang 1 yakniUse CVS-Location as profile name yang akanmengunakanlokasi CVS sebagainama profile yang dibuattadidanUse this profile name yang akanmenggunakannama yang diinputsebagainama profile yang dibuattadi. Kemudianklik Finish.


7.      Pilihnama Profile yang kitabuattadikemudian OK. Kita akankembalike Window Check Out Project. Disini, karenakitasudahmembuat Profile untukmengakses CVS Server, kitaklik Next.


8.      Kita akandibawake Step Modules. Disinikitaakanmemilih file/folder yang akankitakerjakan. Sebelumnya file/folder yang akandikerjakan di CVS iniharussudahdipindahkanke /usr/local/cvsroot.


9.      Setelahdiklik Next, kitaakandibawake Step Target Directory, dimana Target Directory inimerupakanlokasidimanaakanditempatkan file – file yang ada di folder yang kitapilih di langkah 8 tadi. Denganbegitu, kitabisamenempatkannya di local danmengerjakannya di local dulusebelummenempatkannya di Server.


10.  Setelah di Next, kitaakandibawake 3 Steps selanjutnya. Di 3 Steps terakhirini, biarkanpilihannya Default.




11.  Ketikasudah Finish, SmartCVS 6 akanmeng-copy file yang kitapilihdilangkah 8 tadike local folder yang kitatentukandilangkah 9 tadi.



12.  Kemudianmasuklahke local folder yang kitatentukandilangkah 9 tadidanbuatlahsebuah folder danisidengansebuah file (*.doc, *.txt, *.class, *.java, *.*)



13.  Kembalike Smart CVS6, KlikTombol Refresh ataudenganmenekan F5. Akan munculnama folder baru yang kitabuattadi.


14.  Buka folder tersebutdanakanterdapat file yang kitataruhdifolder yang kitabuattadidengan Local State “Non-CVS”. Inimenandakan, file tersebuthanyaberada di local danbelumada di CVS Server. Untukmeletakkannya di CVS Server, kliktombol Get Changes from the Repository.


15.  Setelah di kliktombol Get Changes from the Repository, status Local State akanmenjadi Added. Denganbegitu, file tersebutsiapdibawake CVS Server denganmengklik Commit.



16.  Setelah proses selesai, Local State file akanberubahmenjadi Unchanged yang berarti file sudahada di CVS Server.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar